close
Puncak Munara, Bogor

Entah disebut bukit atau gunung untuk situs cagar budaya Munara. Ketinggian tempat ini masih disangsikan. Di puncaknya terdapat dua informasi ketinggian, yaitu 367 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan 1.119 mdpl. Ketinggian tak lagi jadi soal jika kita sudah sampai ke puncaknya dan takjub dengan ciptaan Yang Kuasa.

Munara sebenarnya adalah sebuah situs cagar budaya yang telah disahkan oleh pemerintah. Sebelum mencapai puncak, kita akan menemukan Goa “Tawasul Patilasan” Sultan Maulana Hasanudin Banten bin Syekh Syarief Hidayatulloh (Sunan Gunung Jati). Situs ini biasa didatangi warga untuk ziarah. Sementara, anak muda lebih memilih untuk menikmati pemandangan indah di puncaknya.

Untuk mencapai tempat ini tidak sulit. Munara masih relatif dekat dengan Jakarta, terletak di desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Perjalanan mencapai puncaknya pun tak memakan banyak waktu. Dengan estimasi waktu 1-1,5 jam, kita sudah bisa berpijak di puncak.

Tak perlu khawatir karena haus dan lapar. Di sepanjang jalur pendakian terdapat warung-warung yang menyediakan minuman dan makanan ringan untuk melepas dahaga dan rasa lapar. Jangan hanya menikmati Munara sambil ber-selfie atau ber-wefie ria namun tetaplah jaga kebersihan alamnya dengan membawa sampah turun dan buang di tempat sampah. Jangan juga berbuat vandalisme dengan mencoret bebatuan atau pohon di sana. Kita pasti ingin anak cucu kita menikmati alam ini nantinya, kan?

So, take nothing but pictures, 

leave nothing but footprints.

kill nothing but time.

Kindly follow us on @teraskata .

Tags : alamBogorbudayabukitgunungJawa BaratMunarapendakian
teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of