close
Processed with VSCOcam with a5 preset

Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI / Specialty Coffee Association of Indonesia atau SCAI) kembali menggelar kompetisi untuk para barista di tanah air. Terdapat empat kategori kompetisi yang terdiri dari Indonesia Brewers Championship (IBRC), Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC)  dan Indonesia Barista Championship (IBC). Kompetisi diawali dengan penyisihan dari masing-masing regional yang telah ditentukan, yaitu Jakarta, Semarang dan Bali.

Selanjutnya, finalis dari tiap regional kembali diadu di grand final yang berlangsung 11-14 November 2015 di Interfood Hall B Jiexpo, Jakarta. Sebanyak 12 finalis yang menguji kebolehan untuk kategori IBRC; 16 finalis untuk ICTC; 12 finalis untuk ILAC; dan 24 finalis untuk IBC. Barista dengan nilai tertinggi akan menjadi perwakilan Indonesia di World Coffee Event 2016. Untuk pemenang kategori ILAC dan ICTC akan berangkat ke Shanghai, Tiongkok pada 29 Maret-1 April 2016, sementara itu pemenang IBRC dan IBC akan terbang ke Dublin, Irlandia tanggal 23-25 Juni 2016 mendatang.

Dalam pertandingan ini, setiap finalis membawa alat tempurnya masing-masing kecuali, mesin espresso. Grinder, milk jug, V60, aeropress, frenchpress, berbagai jenis cangkir dan sendok, knock box, timer, digital scale dan berbagai peralatan lainnya untuk menunjang performa mereka. Para finalis diberi waktu 15 menit untuk persiapan di stage dan 15 menit waktu untuk menunjukkan kebolehannya menyeduh maupun menggambar kopi (khusus untuk kategori IBRC, IBC dan ILAC). Berbeda dengan kategori lainnya, finalis kategori ICTC memiliki waktu hanya 8 menit untuk menentukan satu kopi yang berbeda dari satu set kopi (terdiri dari 3 gelas kopi) dengan total 8 set kopi. Finalis dengan jumlah benar terbanyak dan tercepat yang akan menjadi pemenang.

Akhirnya, pada Sabtu, 14 November 2015, kerja keras para finalis membuahkan hasil. Tropi dan hadiah diberikan untuk mereka dengan nilai tertinggi dari juri. Berikut nama-nama pemenang dari tiap kategori:

Pemenang Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC):

  1. Hagi (Anomali Coffee)
  2. Yessylia Violin (PT RKB)
  3. Ken Basuki (Smoking Barrels)

Pemenang Indonesia Brewers Championship (IBRC):

  1. Ryan Wibawa (Starbucks Indonesia)
  2. Rendy Anugrah Mahesa (Coffee Smith)
  3. Seno Ardabuana (11 Elephants)

Pemenang Indonesia Latte Art Championship (ILAC):

  1. Ovie Kurniawan (Common Grounds)
  2. Restu Sadam Hasan (Hungry Bird)
  3. Iwan Setiawan (Common Grounds)

Pemenang Indonesia Barista Championship (IBC):

  1. Yoshua Tanu (Common Grounds)
  2. Jimmy Halim (Independent)
  3. Doddy Samsura (Morph Coffee)

Selamat kepada para pemenang! Selamat berjuang menuju World Coffee Event 2016!

Tags : 11 ElephantsAKSIAnomali CoffeeAsosiasi Kopi Spesialti IndonesiaBalibaristaCoffee SmithCommon GroundsIndonesia Barista ChampionshipIndonesia Brewers ChampionshipIndonesia Coffee Event 2015Indonesia Cup Tasters ChampionshipIndonesia Latte Art ChampionshipJakartaJiexpokopiMorph CoffeeSCAISemarangSpecialty Coffee Association of IndonesiaWorld Coffee Event
teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz