close
Processed with VSCO with m5 preset

“Jika Kukila adalah burung, maka ia adalah burung yang berkicau dengan merdu. Membuat siapapun yang mendengarnya terpesona.”

Tanpa saya sadari, saya sudah membaca karya M. Aan Mansyur di antologi Perempuan yang Melukis Wajah. Saya ingat karyanya tetapi tidak dengan nama penulisnya. Saya baru tersadar ketika membaca Hujan. Deras Sekali, salah satu cerita yang singkat, sederhana namun melekat di kepala.

Kukila, sebuah kumpulan cerita. Berisi cerita dengan diksi dan personifikasi yang luar biasa. Begitu juga alurnya yang tak biasa, sulit ditebak. Mempermainkan imajinasi pembaca. Sebuah pekerjaan yang bisa dibilang tidak mudah.

Cerita berjudul Kukila (Rahasia Pohon Rahasia) menjadi primadona karena melahap cukup banyak halaman dalam buku ini. Cerita yang berlapis-lapis dinarasikan lewat sudut pandang masing-masing tokoh. Ragam latar belakang waktu juga menjadi kekuatan dari cerita ini. Sebuah kompleksitas kisah cinta segitiga yang dibalut dengan kata-kata indah dari penulis cerita. Tak heran karena sang penulis memang telah menerbitkan sejumlah kumpulan puisi.

Pria kelahiran Bone ini juga bereksplorasi menulis ala kultwit. Dalam Setia adalah Pekerjaan yang Baik, ia menulis dengan 1-3 kalimat pendek untuk tiap nomor. Ia membuat cerita dengan 30 nomor, berarti hanya dengan 62 kalimat saja, ceritanya tetap layak untuk dinikmati.

Total 16 judul cerita yang terangkum dalam Kukila. Beberapa di antaranya telah dipublikasikan di berbagai antologi. Tema urban hingga kehidupan di perkebunan berhasil dikisahkan dengan begitu menarik. Simak cerita Kebun Kelapa di Kepalaku, Sehari Setelah Istrinya Dimakamkan, dan Ketinggalan Pesawat yang akan membuat pembaca geleng-geleng kepala sambil tersenyum bersama imajinasi yang tercipta.

Pesona kicauan Kukila telah membuat saya jatuh hati. Karya penulisnya kini menjadi daftar buku yang harus saya buru. Kukila menjadi sebuah karya yang dibaca berulang pun mungkin tak akan bosan. Dinikmati sambil menyeruput teh hangat saat senja menghiasi cakrawala.

Judul: Kukila

Penulis: M. Aan Mansyur

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cetakan Pertama: September 2012

Editor: Siska Yuanita

Ilustrasi sampul: eMTe

Tags : Aan Mansyurbukucerita pendekcerpenGramediaKukilakumpulan cerita
teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar