close

100 Hari Keliling Indonesia: Menyelami Nusantara dengan Hati Nurani

Processed with VSCO with hb1 preset

Tren program jalan-jalan kian marak di berbagai stasiun televisi nasional. Setiap stasiun berlomba-lomba menampilkan destinasi wisata yang dilabeli surga tersembunyi atau hidden paradise. Disuguhkan pemandangan memanjakan mata seperti hamparan hutan, barisan perbukitan, pantai berpasir putih hingga panorama bawah laut.

Kompas TV mengambil langkah yang berbeda. Melalui program 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI), televisi yang mengudara sejak tahun 2011 ini memberikan alternatif tontonan bagi masyarakat Indonesia. Dipandu oleh Ramon Y. Tungka, program perjalanan ini menjelajahi luasnya nusantara sambil melihat realita yang terjadi dengan hati nurani.

Buku 100 HKI merangkum seluruh episode yang telah ditayangkan ke dalam 232 halaman berwarna (full colour). Gambar yang disajikan menghidupkan narasi yang telah dibangun oleh para penulis. Kru dan pembawa acara menuliskan pengalaman mereka masing-masing di tiap daerah yang mereka singgahi.

Di balik keindahan negeri ini, tersimpan berbagai masalah pelik yang tak kunjung naik ke permukaan. Seperti permasalahan lahan kelapa sawit yang kian meluas dan mengorbankan hutan beserta flora dan faunanya di Kalimantan; masalah akses transportasi di Flores, Nusa Tenggara Timur dan Papua; pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat di Kalimantan yang wilayahnya berbatasan dengan Malaysia dan juga masyarakat di Pulau Miangas, Sulawesi Utara; serta kebudayaan lokal yang semakin terkikis akibat turunnya minat generasi muda untuk mempelajarinya.

100 HKI adalah sebuah karya tulis yang telah mengetuk hati nurani untuk melihat lebih dalam negeri ini. Kini, ketika berpergian ke daerah lain di Indonesia, tak lagi hanya melihat seberapa indah gunung atau lautnya tetapi apakah masyarakat yang ada di daerah tersebut sudah sejahtera. Apakah mereka sudah tercukupi dengan baik kebutuhan dasarnya. Apakah akses transportasi yang sudah memadai. Apakah anak-anaknya telah mendapat pendidikan yang layak. Sebuah buku yang wajib dibaca bagi para pejalan yang ingin mengelilingi bumi pertiwi.

Tags : 100 Hari Keliling IndonesiaKompas TVprogram tvtelevisi
teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

2 Comments on "100 Hari Keliling Indonesia: Menyelami Nusantara dengan Hati Nurani"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
nengnunuz_
Guest

Bener banget kak maria, kadang cuma ekspose keindahan aja, realita kehidupan masyarakatnya tersembunyi.
Semoga dampak pariwisata bisa positif sih ya ke kesejahteraan penduduk sekitar.

diteraskata
Guest

Amin. Semoga pariwisata yang sekarang dibangun bisa memberdayakan masyarakatnya agar lebih sejahtera dan nggak hanya memberikan keuntungan bagi pemilik modal besar 🙂

wpDiscuz