close
Processed with VSCO with f2 preset

Tahun 2016 menjadi periode kelahiran beraneka jenis kedai kopi. Bermunculan kedai dengan mesin espresso hingga metode seduh manual. Tampaknya, kedai dengan metode seduh manual sedang begitu diminati anak muda penikmat kopi. Pertumbuhannya amat terasa di wilayah Depok. Selain Saturday Coffee yang lebih dulu ada, hingga pertengahan tahun ini terhitung enam kedai kopi bermetode seduh manual dibuka.

Awal tahun ini, Kopi Kaman menjadi salah satu kedai yang berpartisipasi meramaikan belantika seduh manual di kota kecil selatan Jakarta. Kedai ini bermula dari kerja sama dengan Bengkel Kongkow yang  menyediakan roti bakar, aneka mi, burger, burritos, dan hotdog. Kolaborasi kuliner dan tempat ngopi ini berlokasi di pelataran bengkel mobil kawasan Jalan Proklamasi.

Setelah berjalan sekitar tiga bulan, Lukman dan Igor, sang pemilik gerai kopi, memutuskan untuk pindah ke tempat yang lebih permanen. Penghujung Mei 2016, Kopi Kaman menempati ruko di Jalan Sentosa Raya, Ruko No. 6A, Depok II. Sebuah tempat nyaman untuk menikmati kopi dengan interior bernuansa kayu yang minimalis.

Nama Kaman diambil dari bahasa Sansekerta, dengan arti sesuatu yang diinginkan. Memiliki slogan, yaitu Kopi, Doa dan Harapan, bermakna bahwa setiap kopi yang diseduh, ada doa dan harapan agar dapat dinikmati oleh peminumnya. Slogan ini terinspirasi dari judul album band folk Surabaya, Silampukau dengan Dosa, Kota dan Kenangan.

Kopi Kaman menyajikan specialty coffee dari dalam maupun luar negeri dengan metode seduh manual seperti V60, Kono, Aeropress dan donut dripper. Metode terakhir merupakan metode andalan dari kedai yang buka Selasa hingga Minggu ini.

Sebagai pelengkap kopi, tersedia berbagai menu pilihan seperti cheese burger, burritos, french fries, sausage, spicy wing, roti bakar dan roti goreng dengan variasi topping, mi instan dengan level kepedasan dan pisang goreng Kaman. Bagi yang belum terbiasa minum kopi, terdapat coklat, teh, royal tea,dan jus buah sebagai alternatif minuman.

Misi dari kedai kopi ini adalah mempersembahkan kopi nikmat berkualitas dengan harga bersahabat. Uniknya, harga menu dibandrol dengan kelipatan lima ribu, yaitu antara Rp 5.000-20.000. Kenapa harus datang ke Kopi Kaman? Lukman, pemilik sekaligus penyeduh kopi, menandaskan:

“Kopi Kaman memberikan harga terjangkau untuk kopi berkualitas. Customer nggak cuma dapat kopi enak tetapi melalui ngopi akan diperoleh teman baru sekaligus pengalaman yang baru.”

Nggak perlu ragu lagi untuk menyambangi kedai kopi ini kan?

Keterangan lebih lengkap, cek instagram kedai ini @kopikaman.

Tags : Depokkedai kopikopiKopi Kamankulinerseduh manual
teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

1 Comment on "Kopi Kaman: Kopi Nikmat, Harga Bersahabat"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
achihartoyo
Guest

woooww.. kak maria pecinta kopi banget! 🙂

wpDiscuz