close
no thumb

Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana kelanjutan perjalanan 39 hari Jakarta – Flores dalam tagar #KembaraNusaTenggara. Sejak penghujung Mei tidak ada kabar beritanya. Adapun tulisan-tulisan terbaru di halaman ini hanya berupa ulasan buku, film dan kedai kopi.

Di penghujung Mei itu laptop saya berulah. Berulang kali mati tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan kembali. Padahal, saya sedang semangat-semangatnya menyelesaikan rangkaian tulisan #KembaraNusaTenggara. Kerusakan ini sudah kesekian kalinya sejak tahun-tahun akhir perkuliahan. Saya pun ke tempat servis laptop langganan yang saat itu teknisinya tidak ada. Pegawai tempat servis mencatat kondisi laptop saya dan beberapa hari kemudian saya dikabari laptop sudah selesai diperbaiki.

Mengalami jeda yang cukup panjang dari tulisan terakhir, membuat saya kesulitan untuk menulis kembali. Sementara, halaman ini diisi dengan tulisan yang lain sambil menunggu inspirasi menulis #KembaraNusaTenggara. Selain itu, saya juga sempat akan mengubah alamat blog ini menjadi teraskata.com dengan paket hemat 18$ dari WordPress. Akan tetapi, malang menghampiri saya, ternyata paket tersebut sudah ditiadakan. Jika ingin mengubah domain, harus membeli domain paket hosting yang membuat harganya semakin tinggi.

Niat sudah bulat untuk membeli gawai yang baru karena takut gawai yang sudah bertahun menemani ini akan rusak lagi. Apa daya kondisi finansial tidak memungkinkan. Melalui media sosial, saya mendapat informasi bahwa ada kawan yang akan menjual laptopnya dengan harga yang cukup masuk akal di kantong saya. Meski waktu itu sebenarnya tidak sedang pegang uang banyak. Dari spesifikasi laptopnya, cukup sesuai dengan kebutuhan saya dan kondisinya masih baik. Dengan keberanian (kenekatan?), saya mengajukan pembelian di awal pekan dan mengatur janji COD (cash on delivery) di akhir pekan. Saat memesan, uang saya sebenarnya belum cukup dan mau tidak mau meminjam kepada salah seorang sahabat. Walaupun mencari pinjaman ternyata tidak mudah. Maklum, status saya waktu itu masih pekerja serabutan yang tidak jelas penghasilannya.

Tiba waktunya, 18 Juni 2016, laptop baru berhasil saya dapatkan, ya meski kondisinya second.Β Menghilangkan rasa khawatir saat mengerjakan sesuatu saat masih memakai laptop yang lama. Rasa khawatir itu mendorong saya melakukan back-up folder perjalanan #KembaraNusaTenggara ke Google Drive. Merasa aman karena sudah mengunggah semua foto selama perjalanan membuat saya santai-santai saja ketika laptop lama rusak lagi. Baru beberapa minggu diperbaiki padahal.

Saat hendak menulis kembali di laptop yang baru, saya pun membuka Google Drive untuk mengunduh gambar-gambar perjalanan ke Flores. Kaget bukan kepalang ketika memeriksa foto-foto untuk kemudian diunggah sebagai gambar pendukung tulisan di blog, ada beberapa foto yang yang hilang. Sepertinya tidak terunggah dengan maksimal saat penyimpanan ke Google Drive. Mungkin, ini salah saya juga karena tidak menyimpan foto tersebut ke harddisk eksternal (karena sudah hampir penuh juga). Rangkaian kejadian ini sukses memupuskan semangat saya untuk meneruskan cerita #KembaraNusaTenggara.

Untuk memperbaiki laptop sudah agak malas karena pesimis akan rusak lagi. Walaupun data-data di dalamnya begitu penting. Dalam waktu dekat, sepertinya harus segera saya perbaiki. Semoga tidak parah kerusakannya sehingga semua data bisa terselamatkan.

Sambil menunggu kelanjutan #KembaraNusaTenggara, saya akan menulis mengenai perjalanan saya ke berbagai daerah Indonesia lainnya semasa SMA dan paling banyak semasa perkuliahan. Akan ada #KembaraNusantara yang menceritakan pendakian dan perjalanan ke pantai-pantai di Indonesia dan #EkspedisiSangihe yang merupakan kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 bersama TNI, polisi dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Proyek tulisan terbaru saya adalah Kopitala.com, sebuah halaman yang mengulas mengenai segala hal yang terkait dengan kopi. Silakan mampir!

teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of
Nita Lana Faera
Guest

Saya data2 penting juga belum sempat di-back up di GDrive. Lagi edisi mau migrasi laptop juga sih πŸ˜€

diteraskata
Guest

Lebih baik back up di harddisk eskternal, Mbak. Ini beberapa file KembaraNusaTenggara nggak terunggah semua, sekitar ada 40% foto hilang dari total semua foto πŸ™

kelanakucom
Guest

Leptop lamanya ga usah dibenerin aja maria kalau mahal, tapi cukup ambil hardisknya. Buat bisa dipake di leptop yang anyar, beli case hardisknya.
Aku pernah leptop mati total gara2 motherboardnya rusak. Ga bisa diselametin. Alhamdulillahnya, semua file bisa aku ambil dari hardisks yang di copot. Mana file skripsi lagi waktu itu. hehe
Ditunggu cerita-cerita serunya maria.

diteraskata
Guest

Belum sempet bawa ke tempat servis, Mbak. Rencananya kayak gitu, kalau kemahalan ambil harddisk-nya dan beli casing. Sayang nih kalo #KembaraNusaTenggara nggak diterusin ceritanya.

Siap, Mbak. Makasi yaa! Ditunggu juga cerita-cerita perjalaan Mbak Nunuz πŸ™‚

kelanakucom
Guest

Semoga file-filenya segera terselamatkan. Ga sabar baca #kembaraNusatTenggaranya.