close
IMG_0145

Sebuah perjalanan bagi saya adalah sebuah kemewahan tersendiri. Saya ingat bahwa sejak kecil perjalanan-perjalanan yang dilakukan sangat bergantung kepada orang lain. Keluarga saya hanya mampu mencukupi kebutuhan dasar saja tanpa bisa memenuhi kebutuhan tersier. Bahkan bagian rumah yang bocor dan rusak, sampai saat ini masih belum diperbaiki.

Beberapa perjalanan yang saya ingat adalah ketika ada outing kantor untuk keluarga, wisata Paskah dari gereja, kerabat yang kursi mobilnya masih kosong saat berwisata, hajatan keluarga di luar kota dan pulang kampung ke salah satu kota kecil di dekat Semarang.

Sewaktu SMA, saya mencoba bergabung ke kelompok pecinta alam agar bisa terus jalan-jalan. Tidak bergantung pada orang lain. Saya menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajan untuk biaya perjalanan ke Gunung Gede waktu itu. Semasa kuliah, saya mendapat pekerjaan sampingan sehingga saya bisa melakukan banyak sekali perjalanan di tahun 2012. Kebanyakan masih di Pulau Jawa.

Keinginan menjelajah masih kuat. Saya ingin menyambangi pulau-pulau di luar Jawa. Melihat seperti apa bentuk rupanya. Kota-kota yang hanya saya bisa lihat di layar kaca.

Semester-semester akhir perkuliahan di penghujung 2012, seorang teman menyampaikan informasi mengenai Ekspedisi NKRI 2013 Koridor Sulawesi. Di akhir tahun 2011 saya juga mendapat informasi mengenai ekspedisi dengan tujuan Kalimantan, sayangnya waktu itu saya masih memikirkan mata kuliah yang akan tertunda jika cuti satu semester.

Awalnya saya agak ragu menyampaikan perihal ini kepada orang tua saya. Untuk perkuliahan di kelas sendiri sudah habis, tinggal skripsi yang saya pikir bisa saya kebut. Betapa mengejutkan ketika orang tua saya mendukung penuh keikutsertaan saya dalam ekspedisi ini. Terlebih, salah satu subkorwil atau daerah penelitiannya adalah kampung halaman nenek saya, Sangihe.

teraskata

The author teraskata

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar