close
IMG_7469 c

Bandung jadi tujuan untuk kabur sejenak dari sesak dan polusi ibukota. Wisata kawah Tangkuban Perahu, kawah putih Ciwidey, Floating Market Lembang, dan situs wisata populer lainnya sudah pernah dijejaki. Pusat kota malah belum pernah ditelusuri.

Macet akhir pekan karena banyaknya warga Jakarta berkunjung ke Bandung menjadi alasan kenapa wilayah kota enggan untuk saya jelajahi. Adanya waktu luang di hari-hari biasa membuat saya bisa mengeksplorasi tanah Pasundan ini tanpa khawatir kemacetan.

Hutan Kota Babakan Siliwangi telah lama menjadi destinasi incaran. Sejak lama saya mendengar hutan tengah kota ini yang sempat berpolemik antara warga, pengembang, dan pemerintah daerah. Warga memprotes pembangunan kawasan komersial di lokasi ini sehingga menuntut pencabutan ijin mendirikan bangunan kepada pemerintah. Perjuangan ini berjalan sejak awal 2000-an hingga dikabulkan pada medio 2013. Kekuatan dan solidaritas warga Bandung menang!

Hutan Kota Babakan Siliwangi

Kini, perjuangan tersebut berbuah manis. Publik dapat menikmati forest walk yang dibangun sepanjang 2,5 km dan merupakan salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara. Memasuki ruang terbuka hijau seluas 3,8 hektar ini tanpa dikenakan biaya. Pengunjung jika membawa kendaraan hanya perlu membayar biaya parkir.

Udara segar memasuki rongga paru-paru saya yang lebih sering tercemar polusi ibukota. Berjalan kaki santai menyusuri forest walk ini membuat saya sedikit nostalgia saat trekking ke puncak-puncak gunung. Pepohonan di sisi-sisi jalur mengingatkan saya akan lebatnya hutan pegunungan. Ditambah dengan kicau burung-burung yang saling bersahutan.

Senang sekali melihat anak-anak bisa bermain di fasilitas yang disediakan berupa bangku-bangku dan meja kayu. Anak-anak masa kini sudah banyak yang kecanduan gawai dan ogah untuk bermain di dunia yang nyata. Ada juga keluarga muda, orang dewasa, hingga remaja yang mengunjungi tempat ini tetapi kebanyakan dari mereka masih terpaku dengan gawai masing-masing. Ada pula yang sibuk berswafoto tiada henti.

Sesi foto pre wedding di Forest Walk Babakan Siliwangi

Pesona hutan kota ini menjadi salah satu alternatif lokasi foto pre wedding. Sewaktu saya datang, tampak sepasang muda-mudi sedang berpose untuk mengabadikan momen-momen bahagia mereka.

Jika kelelahan berkeliling, tidak perlu cemas. Ada penjual makanan dan minuman, baik yang berupa warung permanen atau penjual dengan gerobak.

Baiknya, datang antara pagi sampai siang menjelang sore. Saya sendiri datang dua kali di sore hari dan keduanya gagal untuk berkeliling seluruhnya. Pertama karena sore hari sudah terlalu ramai dan yang kedua karena turun hujan. Saya akhirnya datang pagi menjelang siang, sekitar pukul 11.00 dan cuaca cerah.

Rasanya perlu ada hutan kota seperti ini di rimba raya beton ibukota. Sementara itu, ijin pembangunan mall dan lokasi niaga terus berlanjut. Ruang untuk warga beraktivitas luar ruangan malah semakin terbatas dan polusi makin bikin sesak nafas. Padahal, warga berhak atas udara bersih dan ruang terbuka hijau yang layak. 

Tags : Babakan Siliwangiforest walkForest Walk Babakan Siliwangihutan kota
teraskata

The author teraskata

19
Leave a Reply

avatar
16 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
17 Comment authors
teraskataHarjunaDewi SetyowatiGinaTitim Nuraini Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Taumy
Guest

Keren ya, Hotan Kota Siliwangi. Meskipun awalnya polemik tapi benar2 memberikan nuansa baru kota besar sebagai alternatif tempat refreshing gratis. Semoga benar harapannya, Jakarta punya seperti ini.

Ifa Mutia
Guest

Memang lahan hijau sangat diperlukan di daerah perkotaan. Selain berfungsi sebagai pary paru kota juga sebagai sarana rekreasi. Tempat seperti Babakan Siliwangi mutlak diperlukan di kota kota besar lainnya. Di Jakarta pun sudah banyak tempat seperti ini.

INA
Guest

Waahh bagus nih hutan tengah kota, jadi walaupun dikota tetap bisa menghirup udara segar ga hanya menghirup polusi. Yaa coba saja di ibukota Jakarta dibuat hutan kota seperti ini lumayan bisa untuk santai sejenak menghilangkan penat akibat macetnya jalanan Jakarta hehe

Iqbal
Guest
Iqbal

Enak ya Bandung punya hotan kota begini, luas, sejuk, gratis pula

ristiyanto
Guest

Berada di hutan kota memang terasa bikin tenang di hati. Setidaknya bisa menghirup udara bersih dan melihat hijaunya pepohonan. Sesuatu yang langka jika kita berada di kota-kota besar.

Airin
Guest
Airin

Bandung banyak taman kotanya ya… seger rasanya emang lihat yang ijo-ijo.. bisa bernafas dengan lega Aku setuju soal oembuatan hutan kota. Tiap Rw atau kelurahan mestinya punya area ginian

Dian Restu Agustina
Guest

Wah segernya hutan kota Babakan Siliwangi. Ini berarti bebas retribusi kan ya?
Di dekat rumah ada Hutan Kota Srengseng tapi enggak terawat kayak gini. Semoga nanti bisa di berbagai tempat khususnya kota besar ada kawasan hijau yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk banyak fungsi 🙂

Tuty Prihartiny
Guest
Tuty Prihartiny

Ah senangnya bisa baca lagi tulisan jalan-jalannya Kak Maria. Sebagai penyuka hutan, mesti kudu banget nih saya ke Hutan Kota Babakan Siliwangi, terutama forest walknya. Apalagi kalau bareng si dia. Eh…ih …ups ….

Beni
Guest

Taman kotanya bagus banget. Andai Jakarta punya yang seluas dan sebagus ini.

Rucitra Deasy
Guest

Berharap di Jakarta ada Hutan Kota yang banyak meski ya dinikmati juga tinggal di Jakarta yang macet.

zennn
Guest

iya saya setuju, di ibukota perlu ada seperti itu, sayapun merasa sesak karena setiap bulan selalu ada bangunan baru…..

Diah Sally
Guest

Asik banget yaa hutan Kota Babakan Siliwangi. Kalau kesana kudu datang dari pagi kayanya yaa biar bisa nempatin satu spot buat nulis. Kayanya kalau nulis seharian disana langsung dapat 88 halaman. Fotonya aja sejuk banget apalagi kalau langsung datang.

Titim Nuraini
Guest

Suasananya sejuk dan menenangkan, asyik ya jalan-jalan di sini

Gina
Guest

Ahhh nyesel pas kemarin ke Bandung ngga mampir sini dulu, padahal sempet liat orang lagi pada jalan disini. Lain kali harus ke Hutan Babakan Siliwangi, apalagi udah baca review ini, semakin pengen

Dewi Setyowati
Guest

Duh Mba Maria, kok aku enggak pernah tahu ya hutan kota Babakan Siliwangi ini. Persisnya di mana ya tengah kotanya hehe..

Harjuna
Guest
Harjuna

Kalau ke bandung wajib mampir nih, kayaknya tempatnya adem, terima kasih infonya kak